header-int

Kegiatan Psikotest untuk Profiling PokJa di Lapas II Lumajang oleh Prodi Psikologi Islam UIN KHAS JE

Minggu, 26 Des 2021, 19:05:06 WIB - 114 View
Share
Kegiatan Psikotest untuk Profiling PokJa di Lapas II Lumajang oleh Prodi Psikologi Islam UIN KHAS JE

Kegiatan profiling merupakan salah satu bagian dari proses pencatatan dan pemetaan Sumber Daya Manusia (SDM), kegiatan profiling ini bertujuan guna memberikan berbagai informasi tentang pegawai yang ada, karena suatu organisasi yang baik salah satu unsur pendukungnya adalah memiliki SDM yang baik serta dilengkapi dengan data dan informasi yang lengkap mengenai SDMnya dalam rangka untuk penempatan SDM yang tepat dan sesuai pada bidang keahliannya.

Sedangkan, Psikotest merupakan salah satu tes psikologi yang  digunakan untuk menilai secara kompleks fungsi kognitif dan emosional seseorang yang nantinya diharapkan dapat memberikan gambaran umum mengenai kepribadian seseorang, dan psikotest ini hanya boleh dilakukan atau diselenggarakan oleh psikolog untuk memberikan interpretasinya. Biasanya psikotest ini berisi serangkaian pertanyaan yang tertulis, visual atau bahkan verbal yang hasilnya banyak digunakan untuk kepentingan individu maupun organisasi.

Pada kesempatan kali ini, psikotest tersebut ditujukan untuk profiling kelompok kerja (PokJa) di Lapas II Lumajang menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Psikotest yang dilaksanakan oleh Lapas II Lumajang tersebut tentunya tidak dilakukan sendiri, namun dengan menggandeng Program Studi Psikologi Islam UIN KHAS JEMBER untuk memberikan Psikotest kepada anggota lapas II Lumajang yang menjadi PokJa menuju WBK pada tanggal 2 Juli 2019. Pada saat itu yang memberikan arahan untuk kegiatan psikotest adalah bapak Haryu dan Bu Indah, yang mana beliau berdua merupakan psikolog yang ahli dalam bidang Organisasi dan Industri sekaligus tenaga pendidik di Prodi Psikologi Islam UIN KHAS JEMBER.

Dan tak hanya itu, dalam kegiatan psikotest tersebut juga melibatkan beberapa mahasiswa Psikologi Islam UIN KHAS JEMBER sekaligus untuk memberikan pembelajaran secara langsung tentang bagaimana tata cara pemberian psikotest yang baik dan benar, yang pada saat itu salah satunya psikotest ditujukan untuk Profiling PokJa menuju WBK di lapas.

______________________

Oleh: Rofi’atul Karimah

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube