header-int

Mendelegasikan 3 Tim: Antusiasme Mahasiswa Prodi Psikologi Islam Pada Riset Kolaborasi Mahasiswa (RK

Rabu, 20 Jul 2022, 12:36:56 WIB - 76 View
Share
Mendelegasikan 3 Tim: Antusiasme Mahasiswa Prodi Psikologi Islam Pada Riset Kolaborasi Mahasiswa (RK

UIN KHAS JEMBER- Riset Kolaborasi Mahasiswa (RKM) yang diadakan dan difasilitasi oleh fakultas dakwah UIN KHAS Jember merupakan salah satu program penelitian ditingkat mahasiswa yang bertujuan untuk menambah dan meningkatkan wawasan, pemahaman, serta ketrampilan mahasiswa dalam bidang penelitian. Dalam hal ini pula dapat memadai dan menghasilkan kemampuan meneliti serta karya penelitian yang baik dan berkualitas. Riset yang diadakan oleh fakultas dakwah inipun memberikan akses ruang bagi mahasiswanya agar dapat melatih ketrampilan dan kemampuan meneliti sesuai dengan kompetensi keilmuan yang ditempuh agar semangat dalam menghasilkan karya penelitian yang berkualitas dan bermanfaat untuk khalayak umum.

Bagi mahasiswa, selain untuk mengasah ketrampilan dan kemampuan dalam bidang penelitian guna memiliki kompetensi yang memadai untuk dilibatkan oleh para dosen, peneliti, maupun fungsional lainnya. Di lain sisi kgiatan RKM ini juga memiliki keterkaitan dengan penyelesaian masalah keilmuan dalam islam, kemanusiaan, serta kemasyarakatan secara terbukti.

Kepala desa Sidomulyo, Kamiludin S.kep, Ners. atau lebih sering dikenal dengan panggilan Mas Kades sangat antusias dalam mengapresiasi kegiatan RKM ini. Beliau menegaskan bahwa hal ini akan menjadi awal dari silaturahmi antara desa Sidomulyo dengan kampus UIN KHAS Jember dan hasil penelitian oleh mahasiswa nantinya diharapkan dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat maupun pemerintah Desa sebagai bahan evaluasi demi majunya desa Sidomulyo kedepannya.

Kegiatan ini mendelegasikan maksimal 2 tim dari setiap program studi yang layak untuk melanjutkan kegiatan RKM di Desa Sidomulyo ini, namun pada kenyataannya  terdapat 9 tim dari prodi Psikologi Islam yang mendaftar sebagai calon peserta RKM fakaultas dakwah, sehingga panitia RKM mendelegasikan 3 tim khusus untuk prodi Psikologi Islam. Tema yang diangkat oleh setiap tim berbeda beda, mereka mengambil tema yang sesuai dengan keadaan desa Sidomulyo yang dikaitkan dengan rumpun ilmu program studi psikologi islam. Anggota dari 3 tim yang didelegasikan antara lain:

Tim Psikologi Islam 1 :          - Liyananda Rahma M F

  • Elka Nadia Fanani
  • Meifiana Eka Y P

            Tim Psikologi Islam 2 :          - Taradiva Maharani

  • Nikmatus Solikhah
  • Rohana Nayli A R

Tim Psikologi Islam 3 :          - Zahrotul W

  • Nisrina Laili N
  • Lely A

    Selama berlangsungnya kegiatan RKM, Bapak Muhibbin, S.Ag., M.Si. dan Bapak Dr. Fawaizul Umam, M.Ag. selaku fasilitator dalam penelitian dari kegiatan RKM ini selalu memberikan ilmu serta masukan tentang penelitian ini, seperti apa itu research problem, bagaimana mencarinya, novelty, dan masih banyak lagi. Beliau juga selalu mempertajam mengenai analisis penelitian, observasi wawancara, penelitian kualitatif serta judul yang tepat mengenai penelitian nantinya.

    Melalui kegiatan riset kolaborasi mahasiswa (RKM) ini, mahasiswa diharapkan mampu memiliki keunggulan kompetitif untuk dapat berkiprah secara kompetitif serta dapat berkompetisi di bidang penelitian tingkat regional, nasional, bahkan internasional.


Video Terkait :

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube