header-int

Peduli Erupsi Gunung Semeru, Psikologi Islam Fokus Trauma Healing Anak- anak Terdampak Erupsi Semeru

Minggu, 26 Des 2021, 21:43:04 WIB - 97 View
Share
Peduli Erupsi Gunung Semeru, Psikologi Islam Fokus Trauma Healing Anak- anak Terdampak Erupsi Semeru

Puluhan mahasiswa Psikologi Islam UIN KHAS Jember melaksanakan kegiatan trauma healing untuk anak- anak korban semeru. Kegiatan ini dilaksanakan dari rumah kerumah di desa Umbul Rejo yang juga beralih fungsi menjadi tempat pengungsian korban erupsi semeru.

Kegiatan trauma healing difokuskam untuk kelompok usia anak- anak, karena kelompok ini cenderung berpotensi mengalami tingkat stress yang lebih tinggi dari sisi psikologis. Mereka diberi beberapa permainan ringan seperti mewarnai dan juga menggambar. Benar saja anak-anak tampak ceria mengikuti setiap kegiatan.

Sehingga program studi Psikologi Islam berupaya melakukan pendekatan dengan cara  yang sederhana. Kedepan, trauma healing akan menjadi salah satu program rutin yang dilakukan untuk menangani korban bencana gempa, kebakaran, dan kejadian alam lainnya yang ditargetkan untuk anak-anak terdampak bencana lainnya.

kegiatan trauma healing yang dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2021 dan 8 Desember 2021 ini bertujuan untuk membuat anak- anak memininimalisir ingatan akan bencana yang menimpa, serta dapat mengambil pesan yang ingin disampaikan oleh korban terdampak semeru tersebut.” ujar Muhammad Muhib Alwi selaku Ketua Himpunan Psikologi Islam Indonesia Cabang Jember, Senin ( 06/12/2021).

Setelah bermain dan bernyanyi bersama, para mahasiswa dari psikologi islam juga membagikan bingkisan berupa snack, alat tulis, dan juga kebutuhan sandang seperti kasur. Alat tulis menjadi sebuah hadiah yang paling menarik perhatian mereka, dikarenakan sedikitnya donasi berupa alat tulis seperti crayon dan buku gambar.

 

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube