header-int

Quarter Life Crisis! Dapat Menyebabkan Kesedihan Mendalam

Senin, 23 Nov 2020, 14:36:43 WIB - 188 View
Share
Quarter Life Crisis! Dapat Menyebabkan Kesedihan Mendalam

Quarter Life Crisis (QLC) merupakan perasaan bingung yang muncul dalam hidup individu tentang kehidupannya. Merasa insecure  karena melihat orang lain sudah kerja, sudah memiliki hidup yang enak, tetapi diri sendiri belum melakukan apa-apa. QLC juga dapat menimbulkan rasa cemas tentang keadaan yang akan datang, misalnya merasa cemas akan masa depannya. 

Pada hari Jumat, 26 Juni 2020 Himpunan Mahasiswa Psikologi Islam - bidang keilmuan, menyelenggarakan acara webinar tentang Quarter Life Crisis (QLC) yang dilaksanakan secara online via WhatsApp Group dengan jumlah peserta lebih dari 200 peserta dan juga Bapak Muhib Alwi, S. Psi., M. A. Sebagai pemateri dalam acara tersebut.

Adapun materi yang dibahas adalah Quarter Life Crisis (QLC) yang artinya krisis kehidupan diseperempat abad. Arti yang paling mudah yaitu masa transisi menuju kedewasaan, biasanya terjadi antara usia 20-35 tahun. Tetapi mayoritas mengatakan biasanya Quarter Life Crisis (QLC) terjadi pada usia rata-rata yaitu 25 tahun.

Quarter Life Crisis (QLC) secara istilah dapat diartikan sebagai krisis emosional yang terjadi atau dialami oleh orang yang berada pada usia 25 tahun. Krisis ini berupa kecemasan atau kegalauan dalam menghadapi masa depan. Quarter Life Crisis (QLC) dapat menyebabkan individu mengalami kesedihan karena dia mengalami krisis. Quarter Life Crisis (QLC)dapat terjadi kepada siapapun, tidak hanya terjadi pada orang-orang tertentu saja ketika nanti individu memasuki masa transisi ini. Quarter Life Crisis (QLC) merupakan sesuatu yang normal, tetapi bisa menjadi tidak normal jika berpengaruh kepada pola hidup seseorang, misalnya bisa menyebabkan stres dan lain-lain.

Penulis : HMPS Bidang Keilmuan

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube