header-int

Trauma Healing Terhadap Anak Pasca Bencana Erupsi Gunung Semeru 2021 Oleh Prodi Psikologi Islam UIN

Minggu, 26 Des 2021, 21:42:13 WIB - 194 View
Share
Trauma Healing Terhadap Anak Pasca Bencana Erupsi Gunung Semeru 2021 Oleh Prodi Psikologi Islam UIN

               Erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada 4 Desember 2021 tentunya membawa dampak besar bagi penduduk sekitar lereng Gunung Semeru Lumajang. Kondisi pengungungsi korban erupsi Gunung Semeru mememerlukan bantuan dan perhatian khusus tidak hanya berbentuk materi maupun barang kebutuhan pokok, namun juga bantuan dukungan pemulihan mental akibat dampak yang ditimbulkan dari bencana tersebut terutama anak-anak. Dalam membantu anak-anak korban Erupsi Gunung Semeru dalam pemulihan mentalnya, Mahasiswa dan Mahasiswi Prodi Psikologi Islam UIN KH Achmad Siddq Jember didampingi oleh Dosen melakukan kegiatan trauma healing bagi anak-anak korban erupsi Gunung Semeru sebagai bentuk pengabdian Psikologi terhadap masyarakat.

            Trauma healing merupakan suatu  tindakan mengenai penanganan mental atau psikis yang memiliki tujuan untuk membantu menangani dan menghilangkan rasa trauma pasca bencana. Dari wawancara yang dilakukan pada 15 Desember 2021 di K.Radio Jember yang  oleh ibu Indah Roziah Cholillah.,M.Psi selaku dosen Psikologi sekaligus pendamping dalam kegiatan trauma healing yang dilakukan mahasiswa Prodi Psikologi Islam UIN KH Achmad Siddq Jember, kegiatan trauma healing yang dilakukan ini “Sebagai manusia hendaknya memang haruslah saling tolong menolong, selain itu sebagai orang-orang psikologi haruslaah memilikijiwa kemanusiaan yang besar”.

            Tidak hanya itu beliau juga menanggapi mengenai fenomena yang sedang ramai diperbincangkan dijagat dunia maya berupa berswafoto dilakokasi bencana. Menurut beliau, fenomena ini dapat mendegradasi empati kepada para korban bencana erupsi gunung semeru. Harusnya sebagai manusia yang memilki rasa empati dan simpati sudah selayaknya tidak melakukan hal tersebut karena seakan tidak memiliki empati dan simpati. Dari fenomena yang tengah muncul tersebut sebaiknya tidak ditiruserta dilakukan oleh pihak manapun sebagai bentuk empati dan simpati terhadap korban bencana. Alangkah lebih baik, melakukan kegiatan yang bersifat kemanusiaan untuk membantu korban terutama anak-anak dalam bencana erupsi Gunung Semeru agar seperti trauma healing agar dapat pulih lebih cepat.

            Semoga kegiatan trauma healingy ang dilakukan ini dapat bermanfaat, serta dapat memulihkan kembali keadaan mental atau psikis anak-anak korban erupsi Gunung Semeru.

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube